Cara Mengatasi Error pada saat Running di Turbo Pascal

Turbo Pascal adalah salah satu bahasa pemograman yang umum digunakan untuk pembelajaran Algoritma. Program pascal tidak sensitif terhadap penggunaan huruf, baik menggunakan huruf besar ataupun huruf kecil. Program pascal dapat diguakan di Sistem Operasi Windows ataupun Linux.

Pada saat menggunakan program Pascal sering sekali terjadi error pada saat mengcompile. Hal ini terjadi karena ketidak telitian dalam penulisan syntax nya. Kesalahan yang sering dialami yaitu lupa terhadap titik koma, ini yang fatal sekali terjadi adanya error syntax pada program pascal.

Namun disini saya akan memberikan solusi dalam mengatasi permasalahan pada program Turbo Pascal yang sebenarnya baru pertama kali saya temui pada OS Windows 7. Permasalah kali ini yaitu bukan salah di syntax yang digunakan melainkan program pascal tidak bisa di Running, maksudnya hasil dalam program yang dibuat tidak ada menampilkan hasil apa-apa. Mengapa bisa seperti itu? Karena penulisan dalam program pascal tidak dapat ditayangkan oleh sistemnya, sebab didalamnya tidak ada perintah atau syntax yang menunjukan untuk menampilkan program yang dibuatnya. Contoh programnya:


 



Jika anda menggunakan program sederhana seperti diatas maka pada saat di running hanya berkedip dan tidak menampilkan hasil nya. 


Program yang benarnya adalah seperti dibawah ini:



Maka hasilnya:



Demikian solusi tutorial yang saya buat. Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.
 


Share on Google Plus

About Fmlnd

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

3 comments:

  1. Thanks info sederhananya, membantu sekali .

    ReplyDelete
  2. udah ikutin titik koma nya kok tetep gabisa

    ReplyDelete
  3. Terima kasih telah membantu, berhasil di IDE Borland delphi 7 saat compile pascal.

    ReplyDelete