CARA MUDAH MEMBUAT BOOTABLE WINDOWS DI FLASHDISK


Hasil gambar untuk usb bootable


selamat siang teman-teman.. selamat beraktivitas..

kali ini saya akan sedikit memberi informasi kepada teman-teman semua tentang bagaimana sih caranya kita menginstall  OS (operating system) tanpa harus ribet ribet dengan kepingan DVD/CD.. ?
langsung saja kita siapkan alat tempurnya,.

yang pertama tentu saja kita harus mempunyai OS (operasi system) yang kita perlukan misalnya saja windows 7, dalam format extension .ISO

yang selanjutnya yaitu aplikasi pendorongnya yaitu RUFUS, ya sebenarnya banyak aplikasi bootable lainnya tetapi saya menggunakan rufus. kenapa rufus...?

karena aplikasi rufus dapat mengatur sistem flashdisk kita yang akan diisi Operasi Sistem kedalam bentuk MBR atau GPT. jika pada hardisk kita dulunya bertipe GPT terus kita install dengan OS (windows) yang tipenya MBR maka kemungkinan besar harddisk tidak akan mau diinstall, jika tipenya  berbeda maka salah satunya harus dirubah agar tipenya sama. hardisknya kah yang dirubah atau flashdisknya... terserah teman teman.

jika teman-teman memilih hardisk yang dirubah ke MBR atau sebaliknya, maka teman-teman harus memformatnya FULL dan mengganti tipe jenisnya, akan tetapi kalau didalam hardisknya terdapat banyak data yang sangat penting kan tidak mungkin untuk memformatnya, tentunya ini resiko yang besar bagi teman-teman yang datanya sangat penting.

jika teman-teman memilih  untuk merubah sistem instalasinya maka saya sarankan untuk menggunakan aplikasi RUFUS tersebut, karena setau saya aplikasi bootable lainnya belum ada menu untuk memilih tipe MBR/GPT kah flashdisk yang akan kita bootable.

tidak sedikit orang yang menemui masalah seperti tersebut karena kurangnya informasi maka mereka mengeksekusi cara yang mereka tau yaitu dengan memformat full harddisk dan merubahnya.

tahap pertama
buka aplikasi rufusnya, jika belum punya silahkan download 



kalau saya sengaja saya shortcut ke dekstop.








pilih flashdisk mana yang akan dijadikan bootable



lalu masukan OS windows yang berformat .iso















sesuaikan tipe flashdisknya dengan harddisk teman-teman




















sesuaikan format flashdisknya





















abaikan menu yang lain, kita klik tombol start



tunggu sampai selesai

bootable windows sudah siap

kritik dan saran sangat dirahapkan :-)..
terimakasih...
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment